PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DESA
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PPID Desa) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan Informasi Publik Desa. PPID Desa ditunjuk oleh Kepala Desa dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa.
Dasar Hukum PPID Desa adalah :
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar ...
Berikut ini berbagai jenis Informasi Publik Desa yang harus Anda ketahui....
A. INFORMASI BERKALA
Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala adalah informasi yang telah dikuasai dan didokumentasikan oleh Pemerintah Desa untuk diumumkan secara teratur dan rutin; (6 bulan sekali, atau 1 tahun sekali).
Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala:
Informasi tentang profil badan publik
Ringkasan informasi tentang program dan/atau kegiatan yang sedang dijalankan dalam lingkungan badan publik
Informasi tentang ...
Hak Pemohon Informasi (Pasal 4 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik) dalam melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik, sebagai berikut :
1.Setiap Orang berhak memperoleh Informasi Publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini.
2.Setiap Orang berhak :
Melihat dan mengetahui Informasi Publik;
Menghadiri pertemuan publik yang terbuka untuk umum untuk memperoleh Informasi Publik;
Mendapatkan salinan Informasi Publik melalui permohonan sesuai dengan Undang-Undang ini; dan/atau
Menyebarluaskan Informasi ...
ALUR MEKANISME LAYANAN KEBERATAN INFORMASI PUBLIK DESA
1) Pemohon informasi menyampaikan pengajuan keberatan atas tidak terlayaninya permohonan informasi yang dibutuhkan melalui :
A) datang langsung dan mengisi formulir pengajuan keberatan informasi dengan melengkapi fotocopy identitas diri (NIK).
B) melalui website dengan mengisi formulir yang telah diunduh dan menyertakan scan identitas diri (NIK) kemudian dikirim ke alamat email PPID yang tertera di website.
C) mengirim permohonan informasi ...
Dalam Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah disebutkan dengan penjelasan bahwa badan publik sebagai sumber informasi harus mempunyai wadah khusus untuk pelayanan informasi yang disebut dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Pembentukan wadah khusus ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi, agar masyarakat tidak lagi merasa dipingpong untuk mendapatkan informasi yang di inginkan. Melihat pentingnya dari tugas Penjabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ...
Banjaran, 2 Januari 2022
Mengawali Kegiatan di Tahun Baru 2022, TP PKK Desa Banjaran melaksanakan Kegiatan Senam Sehat Di Alun-alun Banjaran Dengan Menggunakan fasilitas bantuan Propinsi Mobil Aspirasi Kampung Juara ( MASKARA ). ...
Banjaran 31 Desember 2021
Dalam rangka melaksanakan Anjuran Pemerintah sebagai salah satu upaya agar tidak terjadi lonjakan kasus Corona yaitu dengan membatasi pergerakan dan kegiatan masyarakat di akhir tahun maka pemerintahan Desa Banjaran dipimpin langsung oleh Bpk.Kepala desa Banjaran Bpk.Dadang Hemayana AMd bersama Babinkabtibmas Polsek Banjaran, Babinsa Koramil Banjaran, Linmas Desa Banjaran melakukan piket dan pengontrolan diwilayah Alun-Alun Banjaran dan sekitarnya. ...
Banjaran30 Desember 2021
Karang Taruna Desa Banjaran melaksanakan Musyawarah Warga Karang Taruna (MWKT) yang dibuka langsung oleh Bapak Kepala Desa Banjaran Bpk.Dadang Hemayana AMd dan dihadiri oleh Ketua BPD Desa Banjaran, Ketua dan pengurus Karang Taruna Kecamatan Banjaran, anggota Karang Taruna Desa Banjaran. Pada musyawarah kali ini diadakan pemilihan Ketua dan Pengurus Karang Taruna Desa Banjaran untuk periode tahun 2021 sampai tahun 2026 dan untuk ketua teripilih YUSUF SEPTIAN dari RW 13 Stasiun Utara. ...
Banjaran 29 Desember 2021
Dalam mendukung Tim Sepak Bola Nasional dalam kejuaraan Piala AFF 2021, Warga Desa Banjaran bersama Bapak Kades Bpk.Dadang Hemayana AMd menggelar Nonton Bareng yang berlokasi di Perumahan Pajagalan Regency dengan memanfaatkan fasilitas Mobil Aspirasi Kampung Juara ( MASKARA ). ...
30 Desember 2021
Pemerintahan Desa Banjaran bekerjasama dengan Warga RW 06 Pintu Loji melaksanakan kerja Bakti membersihkan Saluran sungai dan pembuanan air disekitar wilayah RW 06, dengan harapan tidak akan terjadi banjir karena penyumbatan oleh sampah pada saluran air sungai, untuk itu dihimbau kepada warga tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. ...
29 Desember 2021
Dalam usaha mengoptimalkan Program Vaksin Nasional, Pemerintahan Desa Banjaran bekerja sama dengan Tim Kesehatan Puskesmas Banjaran Kota Dan Babinkabtibmas Polsek Banjaran kembali melaksanakan Vaksin keliling Di Wilayah RW 14 Desa Banjaran. Dengan prioritas warga yang belum pernah melaksanakan vaksin karena alasan takut, untuk itu sekalian diberikan Edukasi mengenai pentingnya Vaksin. ...
Banjaran, 27 Desember 2021
Tim Pengerak PKK dan Kader seluruh Desa Banjaran bekerjasama dengan Tim Kesehatan Puskesmas Banjaran Kota, melaksanakan pertemuan rutin serta penyuluhan kesehatan dan program Keluarga Berencana dengan harapan program kerja TP PKK desa Banjaran akan lebih baik lagi di tahun 2022 baik program kerja maupun kinerja TP PKK Desa Banjaran.
#kimbedasberdayadesabanjaran ...
Banjaran, 27 Desember 2021
Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan air bersih, Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan Pemerintah Kabupaten Bandung melalui KKM "TIRTA AMANAH SEHAT" yang diketuai oleh Kamil Zaenal Arifin dengan program PAMSIMAS [Pengelolaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat] melaksanakan pembangunan sarana air bersih dengan sasaran di wilayah RW 05, RW 11, DAN RW 12.,dengan kapasitas toren 34 Meter kubik atau setara dengan 34.000 liter dengan mesin pompa berkapasitas 1,5 liter/detik ( 3PK ...